BMPS Sukses Gelar Takaran SMK Swasta 2018

BMPS Sukses Gelar Takaran SMK Swasta 2018, yaitu Konsultasi dan Lokakarya Nasional (TAKARAN) SMK Swasta di hotel Bumi Wiyata pada 7-8 Maret 2018. Lokakarya gelaran bersama BMPS (Badan Musyawarah Perguruan Swasta) Pusat dan BMPS Kota Depok mendapat sambutan meriah dari pelbagai pelosok di tanah air. Pada gelar Lokarkarya tersebut, BMPS Kota Bekasi diwakili oleh sekretaris (Drs. Ayung Sardi Dauly) dan beberapa staf BMPS Kota Bekasi. Banyak hal yang diperoleh dari acara “TAKARAN SMK SWASTA 2018” beberapa waktu lalu, luar biasa!!

BMPS Sukses Gelas Takaran SMK Swasta 2018

BMPS Sukses Gelar Takaran SMK Swasta 2018

Alhamdulillah, puji Tuhan, atas pertolongan-Nya jualah maka TAKARAN SMK SWASTA 2018 berlangsung dengan baik dan sukses dan dinyatakan berakhir oleh Ketua Umum BMPS Pusat. Namun sesungguhnya TAKARAN belum berakhir.  TAKARAN adalah langkah awal dari suatu perjalanan panjang. TAKARAN bukanlah AKSI. TAKARAN masih perlu dirampungkan, ditindak-lanjuti dan diperjuangkan.

Panitia dalam koordinasi Pengurus BMPS Pusat masih akan merumuskan laporan TAKARAN dalam bentuk prosiding. Sebelumnya Tim Perumus yg cerdik-pandai akan merampungkan hasil Pokarya 1-5 dalam tempo singkat untuk mengakomodasi “butir-butir” mutiara yang mengemuka selama TAKARAN berlangsung (bukan hanya yg berkembang pada diskusi kelompok kerja nyata (pokarya), tetapi yang muncul sejak pembukaan). Hanya 1 dokumen sebagai hasil TAKARAN yang sudah final yaitu naskah Akta Deklarasi Pembentukan JEJARING NASIONAL – SMK SWASTA DI INDONESIA (JN-SMKSI) dan sudah ditandatangani semua Peserta. Quo dokumen, yang itu sudah ok. Panitia tinggal merapikan dan menyerahkannya kepada Pengurus BMPS Pusat dan mengirimkannya kepada semua peserta dan Pengurus BMPS baik di pusat mau di provinsi-provinsi. Tentu sifatnya segera!

BMPS Sukses Gelar Takaran SMK Swasta 2018

TAKARAN akan ditindak-lanjuti. Selain merancang dan menetapkan struktur organisasi dan personalia pengelolaan JN-SMKSI, hasil TAKARAN masih perlu disosialisasikan secara nasional dan di provinsi-provinsi. Di provinsi akan dibentuk JD-SMKSI PROVINSI dan pengelolanya dilantik oleh PEMDA setempat atau Pengurus BMPS Prov terkait. Dalam bulan ini, direncanakan 2 prov akan memiliki JD yaitu Prov Lampung dan Prov Sulut. Yg lainnya tentu menyusul.

Keluarga Besar BMPS akan terus berjuang. Di satu sisi berjuang dalam bentuk penataan diri secara holistik:  meningkatkan kualitas dan integritas/ karakter, memperkuat sinergitas jejaring. Itu maha-penting dan membutuhkan pengorbanan untuk mau berubah. Berubah dulu baru menjadi pengubah/ transformator. Tidak mau berubah, tidak mau mengenal “tanda-tanda zaman”, tidak mau tahu mengenai kebutuhan DUDI, ya “rugi” sendiri!

Simultan dengan itu, ya,  mesti memperjuangkan semua rekomendasi TAKARAN. Perlu dikawal! Sukar memang namun mesti diperjuangkan demi terwujudnya SMK yang kita cita-citakan: terpercaya, berwibawa dan admired. “Pesta”nya  yang berakhir. Kata orang bijak, tidak ada pesta yang tidak berakhir.  Selanjutnya TAKARAN SMA SWASTA 2018 akan segera dipersiapkan. Direncanakan pelaksanaannya lepas  Hari Raya Idul Fitri. BMPS Prov Sulut didapuk sebagai Tuan/Nyonya Rumah. Pasti bisa!

“Semoga tidak ada lagi dikotomi Pemerintah terhadap sekolah swasta di waktu-waktu yang akan datang. dikotomi tersebut berdampak buruk, sebagai bentuk pembagian atas dua kelompok sekolah yang saling berseberangan pada keduanya. Antara Sekolah Negeri dan Swasta seperti ada jarak yang tak bisa dilihat, meskipun pada kenyataannya keduanya sama pada tujuannya. Yaitu bertujuan pada pencerdasan anak bangsa melalui dunia pendidikan formal,” ujar Drs. Ayung Sardi Dauly (Sekretaris BMPS Kota Bekasi) usai acara TAKARAN SMK SWASTA 2018.