BMPS Kota Bekasi Belum Mengetahui Tersedia Dana Subsidi

BMPS Kota Bekasi Belum Mengetahui Tersedia Dana Subsidi Bagi Siswa Miskin – Ketua Badan Musyawarah Perguruan Swasta (BMPS) Kota Bekasi Jawa Barat, Asep Zamzam Subagja, tidak tahu bila Pemerintah Kota Bekasi, setiap tahun mengucurkan dana bantuan berupa subsidi bagi siswa miskin untuk mengenyam pendidikan di sekolah swasta.

Padahal, dana bantuan yang dikucurkan tersebut jumlahnya cukup besar. Tahun 2015 lalu saja, Pemerintah Kota Bekasi mengucurkan dana sekitar Rp 11 Miliar yang berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) untuk sekolah swasta di Kota Bekasi. Rinciannya untuk tingkat SMP subsidi bagi siswa miskin Rp 2,5 Miliar, dan untuk untuk SMA/SMK swasta Rp 8,5 Miliar.

“Saya tidak tahu, akan saya pelajari informasi itu,” ujar Ketua BMPS Kota Bekasi, Asep Zamzam Subagja, saat pelantikan Pengurus Badan Musyawarah Pengurus Swasta (BMPS) Kota Bekasi periode 2015-2020, di Balai Patriot, Pemkot Bekasi, Rabu (10/2/2016).

Karena belum tahu adanya dana subsidi tersebut, Asep masih belum mau berkomentar banyak mengenai pengelolaan dana itu agar tepat sasaran. “Setahu saya sekolah swasta itu dapat bantuan pemerintah, dari dana BOS (Bantuan Operasional Sekolah). Dananya berasal dari Pemerintah Pusat dan Provinsi, juklak (petunjuk pelaksanaan) dan juknis (petunjuk teknis) juga sudah diatur,” katanya.

Dalam acara yang dibarengi sarasehan pendidikan bersama Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi dan sosialisasi kebijakan pemerintah daerah tersebut, Asep menyebut bila BMPS hanya merupakan wadah bermusyawarah bagi sekolah swasta. Musyawarah dilakukan, untuk mencari solusi. Selama Pemerintah Kota Bekasi mengeluarkan kebijakan sesuai aturan undang-undang, maka BMPS akan menjadi mitra yang baik.

“Kita akan menjadi mitra yang baik. Kita juga meminta agar kebijakan di dunia pendidikan tidak berubah-rubah. Karena ada kecenderungan siapa yang mimpin, kebijakannya ikut berubah. Tapi, kalau perubahan untuk meningkatkan pendidikan kita tidak masalah,” katanya.

Saat ini di Kota Bekasi, 80 hingga 90 persen sekolah swasta untuk tingkat SMP, SMA/SMK sudah bergabung dalam wadah BMPS. Sedangkan untuk tingkat SD, baru akan bergabung dalam waktu dekat ini. “Di BMPS ini, kalau ada sekolah yang punya kemampuan pengelolaan manajemen secara baik, kita bisa sharing dengan sekolah lainnya,” katanya.

Sumber berita: BMPS Kota Bekasi, Tidak Tahu Ada Dana Subsidi Bagi Siswa Miskin