Penyelenggaraan Gebyar HUT 46 BMPS

Penyelenggaraan Gebyar HUT 46 BMPS dan Seminar Nasional “Penguatan Pendidikan Karakter dan Budaya Bangsa” tanggal 7-8 Nov 2017 di Tanjung Karang, Lampung. Acara bertempat di aulia Utama LPMP Lampung di Tanjung Karang. Gebyar HUT BMPS ke-46 selama 2 (dua) hari itu berlangsung dengan penuh sukacita, baik dan sukses. Kurang lebih 100 orang dari luar Lampung hadir pada gebyar HUT BMPS ke-46.

Penyelenggaraan Gebyar HUT 46 BMPS

Pada hari pertama, yaitu pada hari Selasa/7 Nov 2017, Acara didahului dengan acara seremonial di BMPS:
  1. Menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia 3 stanza bersama-sama Paduan Suara Siswa Sekolah Katolik dk Lampung;
  2. Menheningkan cipta dipimpin oleh Sekda Prov Lampung;
  3. Pembacaan Pembukaan AD BMPS oleh Sekum BMPS Prov Lampung;
  4. Menyanyikan mars dan himne BMPS oleh Paduan Suara Siswa Sekolah Katolik di Lampung.

Sebelumnya ada tarian selamat datang yg dimainkan sejumlah siswa pegiat seni di Lampung dan kemudian memberikan sekapur sirih kepada Sekda Prov Lampung, Ketua Umum BMPS Pusat dan Ketua Umum BMPS Prov Lampung.

Acara berikutnya berturut-turut:

  • Sekapur sirih Ketum BMPS Prov Lampung;
  • Pidato HUT Ke-46 BMPS oleh Ketum BMPS Pusat;
  • Sambutan pengarahan Gub Lampung sekaligus membuka secara resmi  seminar nasional yang berlangsung esok harinya, 8 Nov 2017.

Pada gebyar HUT BMPS Ke-46, Mendikbud RI dan Gubernur Lampung berhalangan hadir. Hal tersebut disebabkan oleh waktu yang bersamaan dengan undangan pernikahan puteri Presiden Joko Widodo di Solo pada tanggal 8 Nopember 2017.

Kemudian penyerahan BMPS AWARD 2017 oleh Ketum BMPS Pusat, Ki Suparwanto didampingi Wasekjen, Pak Iwan dan  salah seorang ketua BMPS Pusat, Pak Achlan serta Ketum BMPS Prov Lampung setelah diberi pengantar oleh salah seorang ketua BMPS Pusat, Pak Achlan dan Sekjen BMPS Pusat. Pengantar mengenai apa itu BMPS AWARD dan siapa2 yg memperolehnya.

Ada pun mereka yg memperoleh anugerah tsb adalah:

A. Ing Ngarso Sung Tulodo:

  1. Gubernur Lampung;
  2. Gubernur Jawa Barat;
  3. Gubernur Sumatera Barat;
  4. Gubernur Sulawesi Selatan;
  5. Gubernur Sumatera Utara;
  6. Bupati Bogor;
  7. Bupati Karawang;
  8. Bupati Sukabumi;
  9. Bupati Pesawaran;
  10. Bupati Tana Toraja;
  11. Bupati Toraja Utara;
  12. Walikota Metro;
  13. Walikota Palembang.

B. Ing Madya Bangun Karsi oleh Yayasan Berprestasi.

C. Tut Wury Handayani oleh Sejumlah Pendidikan dan Tenaga Berpresrasi.

Selain itu, Ketua BMPS Kabupaten Serdang Bedagai, Hj. Yanti Handayani Siregar, S.H., M.Pd., dikukuhkan sebagai Srikandi ke-5 BMPS. Srikandi-srikandi sebelumnya ialah:
  1. Ibu Sri, Ketua BMPS Kota Batam
  2. Prof. Dr. Mia, Ketum BMPS Prov NTT
  3. Ibu Fauziah,  Ketua BMPS Kota Bogor
  4. Dr. Sowiyah, Ketua BMPS Kota Metro.
Pemotongan tumpeng oleh Ketum BMPS Pusat didampingi oleh Pengurus BMPS Pusat, utusan pendiri BMPS (Sekjen Tamansiswa, Ki Drs. H. Saur Panjaitan, M.M. dan Ketua Umum MNPK/Katolik, Romo Dr. Darmin dan Ketum BMPS Prov Lampang, Hi Hamid, S.H., M.M.

Penyelenggaraan Gebyar HUT 46 BMPS, Acara di hari kedua

Rabu 8 November 2017, didahului dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dgn 3 stanza yang dipandu oleh Paduan Suara Siswa Sekolah Muhammadyah, Lampung. Lalu kedua panel  dipandu oleh Dr. Yuni, dosen muda yang amat menguasai topik diskusi. Panelisnya ialah:
  1. Ketua Umum BMPS Pusat;
  2. Kepala Dinas Pendidikan Prov Lampung
  3. Dr. Hendarmin, Kepala Pusat Analisis Kemdikbud RI.

Panelis sesi 2 ialah 4 orang terbaik dari puluhan orang yg berpartisipasi menyumbangkan tulisannya.  Keseluruhan acara ditutup oleh Sekjen BMPS Pusat didampingi Ketum dan Sekum BMPS Prov Lampung, Ketua Panitia dan sang pemandu seminar.

Keeberhasilan acara ini tidak bisa lepas dari soliditas Pengurus BMPS Prov Lampung dan Panitia. Tua muda ada di sana dikomandoi ketum, senior kita yg penuh wibawa dan pesona bersama sekum dan ketua panitia yg mudah belia. Ada di sana Zr. Martina yg selalu wira wiri mengurus peserta, ada Guru Surip yg sangat peduli fasilitas transforport dan … banyak lagi yg tidak dapat disebut satu persatu namanya, termasuk MC yg sangat berpengalaman nge-MC.

Memang aula utama tempat acara kurang besar. Peserta di hari pertama dan hari kedua boleh dikata “membludak” di luar taksiran, sehingga sempat membuat Pan “getar getir” sampai2 harus membawa ke rumah makan terdekat puluhan peserta yg belum memperoleh jatah makan.

Tidak ada pesta yg tidak berakhir, begitu kata orangtua. Yg tak bwrakhir adalah semangat yg terpompa pada kedua hari itu, semangat mencerdaskan kehidupan bangsa, semangat memperjuangkan “nasib” Sekolah-sekolah/Madrasah-madrasah Swasta.

Semangat GMB adalah Gerakan Maju Bersama dgn spirit Nilai2 Dasar BMPS  dan Catur Watak BMPS. Salam BMPS! Sekjen.  NB: Dr. Yuni, atas penugasan Ketum BMPS Prov Lampung,  akan menyampaikan hasil akhir seminar. Laporan Tim Perumus pun dinantikan. Diharapkan sdh dapat diserahkan pada awal Desember 2017 kepada Pemerintah (pusat dan  daerah-daerah). Selamat dan sukses atas Penyelenggaraan Gebyar HUT 46 BMPS. Salam Cempaka Putih!